Skip to main content

follow us

Kata Ucapan Menyambut Nuzulul Quran 2019

Welove.id- Di bulan Ramadan merupakan bulan yang selalu di nanti oleh umat muslim dan setiap tanggal 17 Ramadhan selalu di peringati dengan Nuzulul Quran dan biasanya selalu di peringati dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengadakan pengajian dan sebagainya.

Baca juga : Kumpulan Kata Cinta Penuh Makna Kasih Sayang

Nuzulul Quran 2019


Apa itu Nuzulul Quran...?
Nuzulul Quran yang secara harfiah berarti turunnya Al Qur'an (kitab suci agama Islam) adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan “Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia. Lalu diturunkan berangsur-angsur kepada Rasul -shallallahu ‘alaihi wa sallam- sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu sekitar 23 tahun.” (HR. Thobari, An Nasai dalam Sunanul Kubro, Al Hakim dalam Mustadroknya, Al Baihaqi dalam Dalailun Nubuwwah. Hadits ini dishahihkan oleh Al Hakim dan disetujui oleh Adz Dzahabi. Ibnu Hajar pun menyetujui sebagaimana dalam Al Fath, 4: 9).

Untuk memperingati Nuzulul Quran selain dengan pengajian atau tentang agama lainnya, kita juga dapat membagikan Ucapan Menyambut Nuzulul Quran..


Baca juga : Kata Bijak Islami Di Bulan Puasa Terbaru 2019

Kata Ucapan Menyambut Nuzulul Quran 2019


"Orang terbaik bukanlah yang bergelar tinggi dan mentereng tetapi adalah mereka yang mau belajar Alquran dan mengajarkannya."

"Alquran yang berjalan itu nyata adanya. Ia bukanlah sebuah teori muluk-muluk tetapi adalah praktik nyata hidup bersama naungan Al Quran."

"Nafas, gerak, pikiran, hati, tindakan, dan langkah hidup ke depan bersama dan diwarnai Alquran membuat hidup setiap manusia bercahaya."

"Dari itu, aku bermunajat di kemuliaan Nuzulul Qur’an turunkan Furqan baru, karena yang dulu sudah usang Selamat menyambut Nuzul Qur'an 1440 Hijriah."

"Usang! Ya, usang! Surat-suratnya penuh bercak noda: keringat, liur, dan air mata Ayat-ayatnya penuh bekas dosa: darah, mani, juga air mata Lembaran-lembarannya lusuh, tersentuh tangan-tangan kotor berpeluh Aku yakin, pasti ia tak suci lagi Selamat menyambut Nuzul Qur'an 1440 Hijriah."

"Sementara rayap-rayap, makin asyik berjamaah, menelannya mentah-mentah
pelan tapi pasti, ia akan tersisa sampulnya saja Selamat menyambut Nuzul Qur'an 1440 Hijriah."

"Alquran adalah firman Allah SWT, denganya hidup menjadi selamat, terarah, dan tenang."

"RamadhanMu kan beranjak pergi, keheningan lailatul Qadar, kemeriahan rumahMu di malam malam nya, kekhusyukan nuzulul qur'an di pertengahan bulanMu...
kerinduan kan membuncahkan hati-hati kami."

"Ya Rabb..jadikan kami sebagai manusia-manusia pemenang, hamba-hamba suci yang selalu ingin mensucikan diri...pertemukan kami dengan ramadhanMu lagi..amin"

"Di bawah naunganMu kami berpasrah, di genggamanMu semua kuasa...tak ada alasan lagi untuk kami berpaling dariMu...Selamat menyambut Nuzul Qur'an 1440 Hijriah".


Dan berikut di bawah ini Wahyu, Waktu dan Tempat Kejadian saat terjadinya Nuzulul Qur'an yang di kutip dari wikipedia.or.id

Baca juga : Lirik Lagu Al Barq Al Yamani - Sabyan feat Adam Ali

Wahyu, Waktu dan Tempat Kejadian


Sedangkan wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah surat Al Alaqayat 1-5 yang bila diterjemahkan menjadi :

1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan
2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
4.Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
5.Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya

Saat wahyu ini diturunkan Nabi Muhammad Sallalahu Allaihi Wassalam sedang berada di Gua Hira, ketika tiba-tiba Malaikat Jibrildatang menyampaikan wahyu tersebut. Adapun mengenai waktu atau tanggal tepatnya kejadian tersebut, terdapat perbedaan pendapat di antara para ulama, sebagian menyakini peristiwa tersebut terjadi pada bulan Rabiul Awal pada tanggal 8 atau 18 (tanggal 18 berdasarkan riwayat Ibnu Umar), sebagian lainnya pada bulan Rajabpada tanggal 17 atau 27 menurut riwayat Abu Hurairah, dan lainnya adalah pada bulan Ramadhan pada tanggal 17 (Al-Bara' bin Azib) ,21 (Syekh Al-Mubarakfuriy) dan 24 (Aisyah, Jabir dan Watsilah bin Asqo' ) [1]



Dan demikianlah, Kata Kata Menyambut Nuzulul Quran 2019, yang semoga bermanfaat dan berguna bagi para pembaca semuanya.
Disclaimer: Postingan-postingan blog ini tentang Android, berita menarik, musik, bola, dan lainnya, saya publikasikan berdasarkan pengalaman pribadi dan berbagai sumber di internet.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar